lkti Tiga Indeks Sektoral Saham Masih Leading terhadap IHSG ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Senin, 12 Maret 2018

Tiga Indeks Sektoral Saham Masih Leading terhadap IHSG

Tiga indeks sektoral saham masih leading terhadap IHSG 
JAKARTA. Di tengah fluktuasi bursa saham saat ini, tiga indeks sektoral saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih berada di kuadran leading. Chart harian Relative Rotation Graph (RRG) per Jumat (10/3) versi Bloomberg menunjukkan ketiga sektor itu adalah: sektor pertanian, infrastruktur dan transportasi, serta sektor industri dasar dan kimia. 
Meski demikian ketiga sektor tersebut memiliki arah gerak yang berbeda. 
 Indeks sektor industri dasar dan kimia malah hampir menyeberang ke kuadran weakening. Sektor infrastruktur dan transportasi bergerak mendatar cenderung landai. Adapun sektor pertanian, meski masih jauh dari perbatasan kuadran weakening, arahnya menukik cukup tajam.

Di kuadran weakening, dua indeks sektoral seolah berancang-ancang hendak memasuki kuadaran lagging. Namun demikian arah kurva indeks properti dan indeks keuangan ini mendongak ke atas, seolah ingin langsung menuju kuadran improving.
Penghuni kuadran lagging cuma ada indeks sektor pertambangan. Kurva sektor ini bahkan sudah menyentuh batas dasar "kuadran terlemah" ini.
Di kuadran improving bertengger tiga indeks sektor yang lain: aneka industri, industri barang konsumsi, dan perdagangan.  

Dari ketiganya, sektor barang konsumsi tampak berbalik arah seolah hendak menuju perbatasan kuadran lagging lagi. Adapun sektor perdagangan hampir menyeberangi perbatasan menuju kuadran leading. Sedangkan sektor aneka industri boleh dibilang baru memasuki kuadran ini dengan arah gerah tajam ke atas. 

Memetakan pasar secara relatif
Relative Rotation Graph adalah salah satu alat (tools) untuk memetakan harga pergerakan instrumen keuangan dalam sebuah pasar atau bursa. Tools temuan Julius de Kempenaer, seorang profesor asal Belanda, ini memetakan pergerakan market ke dalam empat area kuadran: leading, lagging, weakening, dan improving.
Tools ini bisa digunakan untuk membandingkan secara relatif tren harga dan momentum sebuah instrumen terhadap instrumen lain yang menjadi acuan 

Sumber : Kontan

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.