lkti Strategi Investasi Saham "Investing" ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Sabtu, 08 April 2017

Strategi Investasi Saham "Investing"



Value investing adalah strategi investasi dengan cara mencari saham dari emiten yang dinilai "murah". Murah disini bukan berarti murah dalam segi nominal, bisa saja harga saham Rp.20.000 per lembar lebih murah dari saham yang harganya Rp.3.000 per lembarnya. Mengapa bisa demikian? karena secara valuasi saham x yang harganya Rp.20.000 tersebut lebih murah. Value investor paling banyak dijumpai. mereka mencari saham-saham yang fundamentalnya bagus dengan harga terdiskon. Value stock juga bisa ditemui di sektor apa saja, baik saham yang berjenis blue chips atau saham yang berjenis second liner.
Pada saat menggunakan strategi Value Investing perlu diperhatikan  Rasio PEG dan DER sebaiknya kurang dari 1. Disarankan untuk memilih saham yang memiliki hutang lebih kecil dari modal. Lebih baik cari perusahaan yang tidak cuma  murah tapi juga sehat. Bisa dilihat dari rasio utang terhadap modal apa bila rasionya 1 maka dapat dikatakan baik karena dalam hal tersebut hutang masih dapat dikembalikan dengan baik oleh perusahaan.
Pada prinspnya value investing adalah  membeli di harga rendah dan menjual di harga tiinggi (BUY LOW, SELL HIGH ). Saham yang undervalued  umumnya adalah saham yang berfundamental baik, namun sedang tertekan. Karena  itu digunakan  rasio PEG dan DER untuk memfilter saham. PER & PBV juga digunkan untuk mengetahui mahal tidaknya  harga saham tersebut dibanding saham sejenis. Kita bisa membeli saham tersebut bila harga pasarnya lebih rendah dari harga wajar. Saran untuk beberapa saham blue chips yang bisa dilirik untuk Value investing saat ini antara lain : ITMG, ASII, BBRI. Sedangkan untuk saham second liner yang bisa dilirik secara valuasi adalah ANTM dan AISA. Untuk saham-saham tersebut adalah saham pilihan untuk value investing,lebih dari 1 tahun time framenya, jadi bukan untuk trading.

Pemilihan saham bukan kunci keberhasilan investasi,namun KESABARAN yang membuatnya berhasil. Strategi Value investing adalah salah satu strategi dalam investasi saham yang dapat memberikan kemudahan dalam mendapatkan keuntungan dengan mengandalkan kesabaran. Selalu ada kesempatan dalam setiap situasi, tergantung bagaimana kita memandang hal tersebut.

sumber : Ellen-May.com

 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.