lkti Mari Mengenal Investasi ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Jumat, 28 April 2017

Mari Mengenal Investasi



 

Hallo guys, kalau dengar kata investasi kira- kira apa yang kebayang ? yap kita pasti ngebayangi  saham ,obligai dan surat berhaga laınnya. Tapi disini  gue akan ngajak lo semua mengenal investasi  lebih dekat , kuy guys kita pdktan dulu ama investasi..

Apa itu investasi?
Jadi investasi  ıtu sebenarnya.....
Investasi adalah penempatan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut. Menurut Abdul Halim, “Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko”. Dalam Berinvestasi berlaku hukum,bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor.

Apa aja sih jenis dan bentuk investasi itu?
Secara garis besar ada dua bentuk investasi yaitu langsung (direct investment) dan tidak langsung (indirect investment) atau portofolio investment.

1.      Investasi langsung dapat dilakukan dengan mendirikan perusahaan patungan (joint venture company) dengan mitra lokal dengan melakukan kerja sama operasi (joint operation scheme) tanpa membentuk perusahaan baru dengan mengkonversikan pinjaman menjadi penyertaan mayoritas dalam perusahaan lokal dengan memberikan bantuan teknis dan manajerial dengan memberikan lisensi dan lain lain.

2.      Investasi tidak langsung adalah investasi yang dilakukan pada kegiatan tranksasi pasar modal dan di pasar uang (money exchange). 

Lalu apa bedanya dengan menabung?
Nah guys perlu di ingat bahwa berinvestasi itu berbeda dengan menabung ya , lalu apa sih bedanya.kuy…. kita lihat perbedaannya
Menabung
Investasi
  • Hasil dari menabung adalah bunga (interest)
  • Objek menabung adalah uang
  • Transaksi menabung hanya dapat dilakukan di perbankan atau lembaga non bank lainnya yang mendapat izin menerima simpanan uang
  • Pihak menabung disebut penabung atau nasabah
  • Hasil dari investasi disebut keuntungan (return)
  • Objek investasi adalah aset, baik riil ataupun keuangan (jadi dalam investasi, uang bukan objek investasi tetapi sebagai alat ukur nilai asset)
  • Transaksi investasi dapat dilakukan di pasar riil maupun pasar keuangan
  • Kegiatan usaha dilakukan di pasar keuangan atau  dapat dilakukan di pasar modal bukan di perbankan
  • Pihak yang melakukan investasi disebut investor

Udah lihat perbedaannya kan guys, jangan sampai salah ya ….
 
Mengapa perlunya berinvestasi
 Guys kıta perlu berinvestasi di karenakan beberapa hal yaitu:
1.    Melihat Tingkat Inflasi
Masih sedikit masyarakat yang memikirkan Inflasi, saat ini bisa kita rasakan semua kebutuhan sudah mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga cendrung terjadi hampir setiap tahun. Apakah kita berpikir kenaikan tersebut bisa di imbangi dengan pendapatan kita. jika kita tidak meningkatkan pendapatan tentu daya beli akan berkurang. Oleh sebab itu di situlah kita perlu berinvestasi agar pendapatan dapat meningkat. Sehingga keuntungan berinvestasi dapat berpotensi melebihi tingkat inflasi yang terjadi.

2.    Keinginan memiliki sesuatu yang berharga
Setiap orang tentu mengharapkan kekayaan. Mungkin jalan yang perlu di jalani adalah dengan investasi. saat ini sudah tersedia banyak jenis investasi dengan menawarkan keuntungan yang menarik. investasi mampu memberikan kita kesempatan untuk menyimpan uang yang mampu berkembang dalam jangka panjang. atau dengan investasi kita bisa mendapatkan pendapatan secara pasif.

3.    Perencana Keuangan masa depan
Sudah seharusnya kita memiliki tujuan hari tua, dan juga sebagai perencana keuangan masa depan, dengan berinvestasi kita sudah bisa merencanakan keuangan untuk hari tua. kiat perlu merencanakan tujuan keuangan sebagai, tabungan hari tua dan juga pendidikan untuk anak anak kita. karena kebutuhan setiap tahun terus akan meningkat. Oleh sebab itu investasi bisa menjadi pilihan sebagai tabungan hari tua nanti
Nah  itu lah kira-kira alasan kita perlu ber investasi guys, oh ya guys kıra-kira  udah pada taukan apa ıtu invetasi kan tadi udah pdktaan tu sama investasi , jadı tertarik ngak untuk ber invetasi?  Kuy guys jadi investor muda, kalo  bukan sekarang kapan lagi…. Beli Sahamnya Miliki Perusahaannya !!!

by : Wenny Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.