lkti Jika Superholding Berhasil Dibentuk, Kementerian BUMN Harus Bubar ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Sabtu, 17 September 2016

Jika Superholding Berhasil Dibentuk, Kementerian BUMN Harus Bubar

Jika Superholding Berhasil Dibentuk, Kementerian BUMN Harus Bubar

Rencana pemerintah untuk membentuk holding-holding BUMN sudah hampir terealisasikan. Nantinya, akan ada pembentukan super holding BUMN yang akan membawahi seluruh BUMN di Indonesia. Mantan Sekmen BUMN Said Didu mengatakan, jika jadi terealisasi pembentukan super holding BUMN maka rencana pembubaran Kementerian BUMN harus terlaksana. Sebab fungsi dan kewenangannya akan bertentangan dengan Direktur Utama super holding BUMN.

"Kementerian BUMN kan tidak ada peran korporasi selain mengintervensi korporasi. Jadikan Dirut super holding itu setara menteri tapi bukan menteri. Seperti Jaksa Agung, Panglima TNI, tapi dia bagian dari kabinet juga," tuturnya di bilangan Menteng, Jakarta, Sabtu (17/9/2016). Menurutnya upaya pemerintah yang ingin membentuk super holding BUMN mengikuti negara lain seperti Temasek Singapura dan Khazanah Malaysia sangat baik. Sebab hampir di semua negara tidak ada Kementerian BUMN, karena pemerintah seharusnya tidak mencampuradukan kepentingan birokrasi dengan korporasi. "Satu-satunya negara yang memiliki menteri BUMN adalah Indonesia. Mereka China, Singapura, tidak mencampuradukan birokrasi dengan korporasi," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.