lkti Yuk Nabung Saham ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Minggu, 29 November 2015

Yuk Nabung Saham

Yuk Nabung Saham


Jakarta – Peran pasar modal sebagai wahana investasi sesungguhnya dapat menjawab kebutuhan investor, khususnya dalam hal potensi menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan produk investasi lainnya. Apalagi saat ini modal awal investasi di pasar modal sudah semakin dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. 

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang berinvestasi di pasar modal. Padahal dalam beberapa tahun terakhir rata-rata imbal hasil investasi di pasar modal jauh lebih tinggi dibandingkan produk investasi lain. Data di OJK per tahun 2013 menunjukkan tingkat pemahaman (literasi) masyarakat Indonesia terhadap pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dan yang terkecil dibandingkan dengan 5 industri jasa keuangan lainnya di Indonesia.

Aktivitas investor di pasar modal pun masih relatif rendah. Per September 2015, jumlah investor aktif di Indonesia per tahun hanya sebesar 30% atau 125.000 SID (single investor identification) dari total jumlah investor pasar modal di Indonesia. 

Berdasarkan realita tersebut, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan sebuah program kampanye berskala nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap investasi di pasar modal Indonesia. Program kampanye yang dinamakan “Yuk Nabung Saham” ini mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin dan berkala. 

Konsep menabung dalam program “Yuk Nabung Saham” mengacu pada paradigma masyarakat Indonesia yang masih berpegang pada budaya menabung (saving society). Kampanye yang dibuat dengan bahasa sederhana dan menarik, namun menimbulkan keingintahuan masyarakat diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mulai berinvestasi, dari budaya menabung menjadi berinvestasi.

Demi menyukseskan program ini, BEI akan bekerja sama dengan Perusahaan Tercatat, Perusahaan Sekuritas, Manajer Investasi, Kantor Perwakilan BEI di berbagai kota, dan Galeri Investasi BEI di beberapa universitas yang tersebar di Indonesia, untuk menjadi partner dalam berbagai kegiatan edukasi dan pemasaran yang berkaitan dengan kampanye ini. BEI juga akan memperkenalkan fasilitas auto debet untuk memudahkan masyarakat Indonesia melakukan pembelian produk pasar modal seperti saham. 


LOGO “Yuk Menabung Saham”

http://www.jelasberita.com/wp-content/uploads/2015/11/

Logo program “Yuk Menabung Saham” berupa gambar pohon dengan batang berwarna emas dan daun berwarna hijau memiliki filosofi sebagai berikut:

Pohon
Menabung saham ibarat menanam pohon. Harus dirawat dengan baik agar suatu saat menjadi pohon yang lebat.
Batang Pohon
Menggambarkan kebahagiaan seorang investor yang disiplin berinvestasi dan merasakan manfaat dari menabung saham.
Warna Hijau
Melambangkan kesuburan dan kemakmuran 
Warna Emas
Melambangkan kesejahteraan atau manfaat menabung saham

Peluncuran Kampanye “Yuk Menabung Saham”    

Pada tanggal 12 November 2015, bertempat di Main Hall Galeri Bursa Efek Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia M. Jusuf Kalla secara resmi meluncurkan Kampanye “Yuk Menabung Saham” sebagai kampanye nasional. Acara peluncuran juga dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida. Direktur Utama BEI Tito Sulistio menyampaikan Laporan Rencana Kampanye “Yuk Nabung Saham” sebelum program kampanye ini resmi diluncurkan.

Melalui serangkaian program sosialisasi dan edukasi ini diharapkan masyarakat Indonesia turut menikmati keuntungan dari pertumbuhan pasar modal Indonesia dan tidak hanya menjadi penonton di negeri sendiri.

sumber: idx.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.