lkti Modus Kejahatan Investasi Saham Serta Solusinya ~ GIBEI FE UNP
Quotes by TradingView

Senin, 14 September 2015

Modus Kejahatan Investasi Saham Serta Solusinya


Modus Kejahatan Investasi Saham Serta Solusinya

Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) mendapat laporan dari beberapa anggota bahwa telah terjadi modus operandi penipuan oleh orang tertentu yang berdampak merugikan nasabah Perusahaan Efek.

Dari keterangan tertulis APEI yang diterima detikFinance, Jumat (7/8/2015), cara kerja penipuan tersebut meliputi:

Penipu membuat KTP palsu atas nama Nasabah;
Penipu membuat Nomor Rekening Bank atas nama Nasabah dengan memakai KTP palsu;
Penipu membawa KTP palsu ke operator selular, mengaku HP hilang, dan meminta dibuatkan SIMCard baru;
Penipu menghubungi Broker untuk mengganti alamat e-mail;
Authentikasi melalui HP berhasil dilalui Penipu karena Penipu menguasai nomor HP Nasabah;
Sesudah mengganti alamat e-mail, Penipu meminta reset password yang biasanya
dikirim ke alamat e-mail Nasabah;
Penipu menjual semua saham Nasabah;
Penipu meminta dana dikirim ke nomor rekening Bank yg di buat di point 2 di atas.
Mencermati modus operandi demikian, untuk melindungi para Nasabah dan juga Perusahaan Efek, APEI mengingatkan para Anggota untuk konfirmasi dulu dengan Nasabah sebelum melakukan update data, antara lain perubahan alamat email atau nomor telepon genggam atau data pribadi lainnya.

Jadi bagaimana solusinya untuk menghindari modus kejahatan dan penipuan seperti ini ? 

Jika diperhatikan, si penjahat tahu benar bagaimana proses bertransaksi saham dan semua proses withdrawalnya. Kuncinya terletak pada bagaimana ia bisa mengubah password, yaitu melalui alamat email dan nomor hp. Dengan mengetahui nomor hp dan email yang digunakan untuk autentikasi transaksi, ia bisa dengan mudah mendapat akses

Solusinya adalah, yang pertama, gunakan nomor HP yang lebih private, yang tidak diketahui oleh banyak orang, demikian pula emailnya.Gunakan alamat email dan no hp khusus yang tidak banyak atau tidak diketahui orang lain sama sekali. Dengan demikian, si penjahat akan sulit untuk melakukan pembajakan no hp ataupun alamat email dan password.

Solusi berikutnya adalah, sering-seringlah membuka dan mengecek rekening saham Anda, meski tidak bertransaksi. Jangan sampai dormant. Dengan sering mengecek maka Anda akan tahu jika ada sesuatu yang tidak beres seperti penggantian password.Jika password diganti maka otomatis nasabah tidak bisa membuka rekening secara langsung dan akan lebih awal mengetahui kejanggalan dan mengantisipasi permasalahan ini lebih awal.

Solusi ketiga, jika memang Anda jarang mengecek rekening saham Anda, sebaiknya matikan fasilitas online trading Anda. Terutama bagi long term investor, jika memang tidak ingin sering2 melihat transaksi, gunakan jasa pialang saja, matikan online trading. Anda bisa meminta sekuritas untuk mematikan fasilitas tersebut atau cari sekuritas yang tidak punya Online Trading. Jika tidak pakai online trading, perintah untuk deposit ataupun withdrawal Anda berikan pada pialang secara langsung.  Pialang tidak akan menjalankan withdrawal ataupun transaksi tanpa perintah langsung dari nasabahnya.

Dengan beberapa tips tersebut, maka modus kejahatan seperti ini akan dapat lebih diminimalisir.


sumber: ellen-may

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik.Tidak mengandung SARA, promosi, atau melakukan tindakan tercela lainnya. Jagalah etika dalam berkomentar. Terima kasih.